24 Oktober, moment bersama kelas 7E

Sebelum ku menutup ujung hari bertanggal 24 Oktober ini, ditahun 2023, ijinkan aku berterimakasih pada Tuhanku yang istimewa, yang menghadirkan orang-orang terpilihnya menjadi takdir, mengisi kurang lebih 11.315 hari dalam hidupku sejauh ini, datang-pergi sesuai perannya masing-masing, sepertinya kepalaku dan memorinya tak cukup bekerja untuk mengingat semuanya, tapi sudahlah, malaikat sepertinya memaklumi itu jika aku hanya mampu bersyukur atas itu semua.

Bicara perayaan, khususnya ulang tahun, tentu aku tak akan lupa bagaimana untuk kali-pertama, aku mendapatkan kue ulang tahunku saat itu, tepat di usia 17 tahun, menjadi momen yang akan selalu terkenang setiap kali melalui 24 Oktober setiap tahunnya.

selalu ada aktor dibalik itu, orang-orang terpilih yang menjadi takdirku untuk berteman, bersama, mengisi kenangan kemarin hari, yang hingga kini menjadi masa lalu, yang amat indah jika diingat.

aku pernah menuliskannya disini, selamat membaca--> "Pada Suatu Pagi dan Selanjutnya"

_________

24 Oktober 2023, "selamat ulang tahun", begitulah Ratna (istriku) membisikkannya padaku tanpa kue ulang tahun, lilin warna-warni berbentuk angka, tanpa pula hiasan balon dan pita, tak ada..

hanya sebuah kata, yang 'menyusup' sebangunku dari tidur, seperti biasa ia menyiapkan kopi pagi, dan kemudian bisikan "Selamat Ulang Tahun" itu hadir darinya, tepat sebelum seluruh isi kepala, pikiran dan raga masih nyenyak dengan tidur dipagi hari.

aku hanya tersenyum dan tanpa banyak kata, aku cuma tersenyum dan meresponnya dengan .. "oh..", dan selanjutnya aku bergegas ke kamar mandi, iya sebagai mana hari, pagi dan begitulah aku mengawali hari.

_________

membicarakan perayaan, sebetulnya aku bukanlah orang yang akrab dengan perayaan, apalagi ulang tahun, tak pernah, sejak kecil sampai pada akhirnya, seperti yang kuceritakan diawal, aku mengenalnya diusia 17 Tahun, 365 hari dikali 17 baru aku mengenal kue ulang tahun, pernik balon, lilin dan segala hal yang menjadi perayaan banyak orang pada umumnya, selebihnya, aku tak pernah merasakan perayaan seperti yang orang ceritakan, baik di film, sinetron, ataupun dikeseharian.

tentu saja, setiap tanggal 24 oktober setiap tahunnya, selalu berkesan dalam setiap aku melaluinya, setidaknya aku berbahagia ketika tiba waktunya, namun keadaan berubah ketika sudah bekerja diusia 23 Tahun, menikah diusia 25 tahun, praktis notifikasi dari sosial media, google doodle dan kalender otomatis dan notifikasi lainnya yang mengingatkanku akan tanggal lahir, selebihnya aku membutuhkan orang lain untuk mengingatnya, terimakasih, walau sedikit, tak sampai puluhan, dimulai dari mereka aku mengingat hari kelahiran yang sebetulnya tak lagi cukup untuk sekedar dirayakan, tapi juga banyak komtemplasi/renungan-renungan.

_________

kembali ke 24 Oktober 2023, aku telah mengenang nama-nama, yang sampai pada hati, cukup untuk di kenang di tahun ini dan seterusnya, orang-orang yang mungkin tak banyak, tapi cukup untuk membuatku bersyukur mengenang hari lahir yang menjadi awal perkenalanku kepada dunia, dan mengenalkan dunia kepadaku lewat hari, bulan dan tahun-tahun setelahnya.

terima kasih untuk itu, yang tak akan cukup ku balas sampai kapanpun secara langsung, terimakasih doa dan seluruh energinya, aku menemukan kue ulang tahunku hari ini, menemukan 31 tahun dengan segala bentuk rencana orang lain, terima kasih terima kasih atas segala perhatian dan bentuk kasih sayangnya, pantas ku syukuri, pantas ku nikmati, pantas ku kenang untuk kemudian hari, sekali lagi, terima kasih.








thanks to Istri tercinta, qiandra dan kafka, MA3B Band, Siswa/i dan Wali Siswa Kelas 7E, MA3B Full Team, Penghuni dan Penjaga Kos Atos.