Music Video

-- Niskala --

Sebuah nama pemberian perempuan bernama Ratna, istriku, untuk laki-laki yang mungkin akan jadi wajah 'Kawan Lama' yang akan ku rindu hingga beberapa tahun yang akan datang.

Lagu ini diberi judul ‘Niskala’, yang mana judul ini diambil dari nama tengah Kafka, sesuai judul, lagu ini merupakan lagu yang ku tulis dan di persembahkan khusus untuknya. Lagu yang mungkin sangat personal dari segi lahirnya karya sampai rilisnya, namun barangkali sangat masuk akal dipahami setiap Bapak yang memiliki anak laki-laki terutama.

Music Video sederhana yang berisi video potongan-potongan keseharian Kafka yang baru menginjak usia kurang-lebih 8 bulan itu juga berisi lirik lagu yang menurutku merupakan ungkapan hati pada anak laki-laki bernama Kafka ini, dan semoga, suatu saat sampai pada Kafka ketika ia mampu membaca dan mendegarnya sendiri.

Hari ini mungkin Kafka tak akan mampu menyerap apa yang disampaikan, suatu saat, jika sudah waktunya. Semoga ia melihat dan tahu pesan-pesan ini, saat itu pula, aku mungkin sudah mampu mengungkapkan pesan-pesan itu lewat kata. Apalagi lagu, kita akan jadi laki-laki dewasa bersama suatu saat, jadi hari ini lah saatnya ku ungkapkan

Berdasarkan apa yang kulihat, umumnya seorang bapak kepada anak lak-laki memiliki hubungan yang tak terlalu akrab lewat obrolan selayaknya pada Ibu ketika dewasa, lebih sering bicara seperlunya dan mungkin akan jarang ada ungkapan-ungkapan seperti dalam lagu. Untuk itu, sebelum semuanya berubah, aku ingin menulis pesan cintaku hari ini, lewat lagu yang ditulis sekarang, yang harapanku Kafka akan melihatnya sebagai pesan dimasa depan.

Setiap bapak yang memiliki anak laki-laki, suatu saat mungkin ia akan jarang mengungkapkan kata-kata yang berisi ucapan-ucapan kasih sayang semacam ini ketika sama-sama dewasa. Maka dari itu, aku ingin mengungkapkannya hari ini lewat lagu, saya tak ingin punya ‘Utang Rasa’ padanya. Ketika dia dewasa mungkin kita berdua akan jarang mengobrol soal perasaan selayaknya Bapak dan Anak laki-laki pada umumnya.

 

'Niskala' adalah doa berbentuk lagu, yang judulnya diambil dari nama anak laki-laki yang biasa dipanggil 'Kafka'. barangkali tak perlu dijelaskan lebih lanjut bagaimana lagu ini dibuat, untuk apa dan siapa, selamat menikmati 'Niskala', yang dibuat hari ini, untuknya dimasa depan. 

-- Audio & Visual Credits 
Song Title: Niskala 
Lyric/Song: Fajar Sandy 
Composer: Fajar Sandy 
Audio Recording: Fajar Sandy 
Vocal Recording dan Audio Mixing/Mastering: Eka Catra at. Creatorikos 
Visual & Artwork: Fajar Sandy 
-- #LaguUntukAnakku