Malang, 29 Juli, Sejak Semester Ganjil 4 Tahun yang lalu, Tahun 2014, semester ganjil tahun ini aku harus menghadapi kenyataan aku mengulang beberapa mata kuliah sebagai pengganti kegagalanku di awal perkuliahan disini, aku (pernah) gagal!. Tahun ini begitu sibuk dengan banyak hal, Skripsi, KOS ATOS, belum lagi pacar yang mintak putus! *eh itu cerita Raja dan Rosie. hehe

Tapi tahun ini juga lah dimulai banyak hal, aku belajar berdiri dari kejatuhan-kejatuhanku dihari kemarin. Mengenal Angkatan tersibuk yang pernah ku tahu, angkatan 2014.

dengan mereka cita-citaku banyak tercapai, mengapa demkian? Selamat membaca.

Perkenalkan, angkatan PSTM 2014, angkatan Music dan Tari tahun ini sungguh luar biasa (menurut beberapa Dosen), mereka angkatan terbaik yang pernah ada, bukan berarti angkatan sebelumnya lebih jelek, tapi jika dibandingkan dengan angkatan sebelumnya mereka lebih merata secara kemampuan, mereka punya kapasitas lebih dari angkatan sebelumnya, termasuk dari angkatanku (2011), mungkin tak ada apa-apanya, mungkin. hehehe.

Berkenalan dengan mereka satu-persatu, awal sekali aku berkenalan dengan Mukti Irianto pada pertemuan MK Tari kala itu, gara-gara hal spele, cuma nanya "sampur", hehe, dan karena satu MK jadi kita sering bertemu di Gedung Sakri UM, dengan Bagus Satrio di Panggung Terbuka, yang mengajariku banyak hal lewat selera yang sama, music. (baca juga Tulisanku tentang laki-laki berkacamata ini di sini atau http://www.fajarsandy.com/2017/05/laki-laki-berkacamata-di-antara-kami.html)

Dulu sekali (2014) ada anak laki-laki yang bernama EkaCatra, terlihat dari caranya mendekatiku, ia bukan anak yang sembarangan, membawa gitar kesana kemari, belajar bersama apa yang aku punya, dan mengambil banyak ilmu dari “kalem” nya dia dalam bertutur, Eka Catra.

Tahun itu juga aku dikenalkan oleh Mukti Irianto, namanya Sandy, Risandy Eka Nugraha lengkapnya, mahasiswa se-angkatanntya memanggil nya dengan sebutan Dewa Gitar, ketika ku tahu ia bersalaman denganku di Pohon Ceri dekat kantin, memang benar, ia memang dewa nya, senang mengenalmu will.

Tahun itu cukup padat bagiku, MK Repertoar, Skripsi, Sekaligus mengulang 6 SKS mata kuliah bukan hal yang mudah bagiku, tapi dengan perkenalanku dengan banyak anak di Angkatan 2014 juga memudahkanku menjalani beberapa tugas di perkuliahan, dengan Aldike, Glorian, mereka berdua membantuku di MK Repertoar Musik.

Seiring berjalannya waktu, aku harus beranjak dari semester itu, semester selanjutnya aku tak lagi mengikuti perkuliahan dengan mereka (angkatan 2014), aku menjalani MK PPL dan Skripsi, beberapa waktu aku harus berpisah dari kebersamaan kami yang menyenangkan itu.

Tahun 2015 aku diwisuda, dibulan oktober aku menjalani prosesi yang kutunggu, singkat dalam cerita ini, namun berliku pada kenyataannya, dan angkatan 2014 ini mungkin tahu rasanya, mereka sekarang sudah mengalaminya, adik-adik terbaikku sedang dimasa-masa itu pada hari ini, dan aku berharap mereka berhasil.

Hari ini, tanggal 29 Juli 2018, siang ini aku ke Q3 PSTM, ah ke Graha Cakrawala lebih tepatnya, memenuhi permintaan Ratna Wahyu (istriku) yang terlebih dahulu ada janji dengan adik Kost nya yang diwisuda hari ini, mau tidak mau aku pun juga membuat janji 1 hari sebelumnya, bukan janji sih, tapi gara-gara cletukanku di foto yang di upload di Instagram Ria O. yang membuat aku harus bertemu mereka (angkatan 2014) di Q3, Ria menulis di caption Post Instagramnya

Buah jambu di jus, di kasih susu
Belinya di mbak maya
Hari ini sabtu, besok minggu
Enaknya kemana ya?
Wkwkwkwkkw -
-
📍: Kawah Ijen, Banyuwangi

Lalu kubalas “besok ke Wisuda UM lah, foto sama Keke, kebetulan Ria dan keke seangkatan, dan keke hari ini diwisuda, dalam hati aku berpikir, ya... semoga nggak dimasukin kehati lah kata-kataku hahaha , tapi syukurlah, Ria anak yang baik, ia balik membalas candaku dengannya via Instagram Postnya itu dengan santai, singkat cerita kami pun bertemu, di Q3 sudah ada banyak anak-anak PSTM 2014, termasuk para teman-temanku personil KOS ATOS yang sedang bersama keke, datang untuk mengucapkan selamat dan sekedar foto bersama.

Hari ini menyenangkan, terharu dan bersyukur masih diberikan kesempatan untuk bisa bertemu dan mengenal kalian (PSTM angkatan 2014).


 
Aku, Keke dan Ratna (Istriku)

Foto bersama anak 2014 (Gak Full Team)
photo by. Ria Octa

Terima kasih untuk kalian semua angkatan Music dan Tari 2014, dan mereka dimata saya
Mukti, Risandy, Bagus Satrio, Ganesh, Eka Catra dan semua yang ada di frame ini, Mukti yang dulunya membantu KOS ATOS sebagai Additional Player Cak KOS ATOS (sekarang vocalis KOS ATOS), Risandy Eka Nugraha, yang terjebak rayuan mukti dan menjadi Bassist KOS ATOS, begitupun Eka Catra, yang dengan Paten menjadi player Cak, dari KOS ATOS belum apa-apa sampai bisa punya studio dan produksi karyanya sendiri. Bagus Satrio , kopi pertama di Panggung Terbuka yang mengantarnya menjadi Manager dan membesarkan KOS ATOS sampai hari ini, Mas Bayu (yang membantu Album 1), dan juga sebagai orang yang mensukseskan Launching album ke 2 KOS ATOS, luar biasa!, Mas Ganesh sebagai orang yang bertanggung jawab di stage KOS ATOS, orang yang setia membantuku, orang tersibuk ketika kami persiapan, main, sampek buyar arek iki tetep sibuk, luar biasa!, cekatan, kerja cerdasmu kudu tak plajari, arek sing paling Iso sak KOS ATOS!.

Terima kasih untuk kalian semua, yang slalu ada di moment-moment terbaikku selama ini, dari produksi album 1, single 2017, aku nikah, album ke 2, dan sampai perut perempuan itu (kekasihku) berisi, masih juga ada kalian, terima kasih! Doa terbaik untuk kalian semua, pantang melihatmu gagal esok hari.

Malang, 29 Juli 2018, 
Selesai

Note: beberapa waktu sebelumnya aku menulis lagu (bersama Mukti) untuk mereka (Angkatan 2014), sebagai jejak, bahwa aku dan kalian sering melalui “Luta” disini, bersama, salam!.