Alat musik? Apa itu? Setiap orang mungkin tahu dan mengerti apa itu alat musik, semua alat musik mampu terlihat mata telanjang, bahkan mungkin beberapa orang bisa memainkannya, beberapa orang yang lain mampu mendengarkannya setiap hari, tapi tidak semua orang tahu apa itu alat musik, sumber bunyi dan istilah – istilah yang ada di dalam sebuah alat musik tersebut. Mari kita belajar sedikit, jika anda tertarik dengan musik, nah ! mungkin ini sedikit tentang beberapa istilah yang penting di kemudian hari.

Alat musik adalah sebuah benda yang digunakan oleh seseorang atau musisi untuk menghasilkan sebuah bunyi, bunyi itu sendiri ada yang "bernada - berirama", "tak bernada - tak berirama" dan "bernada tetapi tidak berirama". suatu benda dapat di katakan sebuah alat musik apabila sudah bisa memenuhi beberapa hal, diantaranya adalah setelah seseorang menggunakan benda atau alat tersebut akan tercipta sebuah keharmonisan (keselarasan) pada suara yang di hasilkan oleh benda tersebut, artinya sebuah bunyi yang dihasilkan tersebut dapat diatur tingkat tinggi rendah nadanya, panjang dan pendeknya, sehingga ketika di atur dan dimainkan akan menghasilkan sebuah melodi tertentu, nah.. selanjutnya molodi yang di padukan dengan irama akan menghasilkan bunyi yang harmoni.


Alat musik berdasarkan sumber bunyinya.
1. Idiophone, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran dari bahan dasar atau alat musik itu sendiri. Cara memainkannya bisa di tabuh, di pukul, dan sebagainya. Contoh alat musik idiophone adalah simbal, marakas, angklung dan lain – lain
2. Aerophone, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga. Cara memainkannya adalah ditiup. Contoh alat musik Aerophone adalah suling, trompet, flute dan lain – lain
3. Chordophone, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai. Cara memainkannya adalah dengan cara menggetarkan dawai tersebut. Contoh alat musik Chordophone (dawai) ini adalah gitar, biola, bass dan lain - lain
4. Membranophone, adalah alat musik yang sumber bunyinya dari selaput atau membran. contoh alat musik Membranophone adalah drum, tifa, kendang, tam-tam, rebana dan lain – lain.
5. Electrophone, adalah alat musik yang sumber bunyinya dibangkitkan oleh tenaga listrik (elektronik), baik sebagai sumber bunyi atau pendukung (efek tertentu yang menjadi penguat suara). Contoh alat musik Electrophone adalah keyboard, gitar electric, bass electric, efek gitar, piano electric dan lain – lain.




(foto doc: karya alat musik oleh mahasiswa konsentrasi musik dalam MK Dasar Organologi dan Bunyi - Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang '11). ada alat musik yang terbuat dari botol bekas, galon, batok kelapa dan bambu, untuk karya berikutnya, silahkan anda yang membuatnya :).

Nah ! itu tadi pengertian dari alat musik, sumber bunyi dan contohnya. sekedar catatan, "Organologi adalah ilmu yang mempelajari tentang alat atau benda yang menghasilkan bunyi atau suara yang berkenaan dengan musik". Semoga bermanfaat :)